Hub Kami : Jasa Ganti Kain dan Kulit Springbed Bekasi
Senin - minggu : 07.00 - 21.00

Mengenal apa itu springbed

MENGENAL ISTILAH SPRINGBED

MATTRASS
Bagian springbed paling atas, tempat berbaring biasanya di quilting atau ditambah lapisan lainnya supaya nyaman dan bisa menopang berat badan.
HEAD BOARD
Sandaran springbed bisa dari kayu, jok, besi,dan biasanya cukup menentukan nilai estetika springbed set.
DIVAN
Kotak dibawah matrass, sebagai penopang matrass dan orang yang berbaring diatas matrass.
QUILTING
Bagian terluar matrass spring bed yang terdiri dari busa, kain, dacron dan dijahit menjadi satu menjadi lapisan yang nyaman/empuk/comfort. Kadang dilapisi latex.
BONNEL SPRING
Jenis per spring bed yang paling umum.
POCKET SPRING
Jenis per yang dibungkus bekerja secara independent menahan guncangan. Keuntungan matrass yang menggunakan pocket spring dapat mengurangi guncangan yang diakibatkan pasangan disebelah kita.
M GUARD
Sejenis per di bagian samping matras springbed, berguna supaya tidak tergelincir ketika duduk di pinggir springbed.
CORNER GUARD
Sejenis per di bagian ujung matras springbed, berguna supaya tidak tergelincir ketika duduk di ujung springbed.
LATEX
Hasil olahan getah pohon karet yang digunakan sebagai matrass, latex mempunyai sifat relatif lebih dingin, anti bakteri, comfort sekaligus support. Mempunyai berbagai macam jenis kualitas tergantung pengolahannya dan teknologinya.
FOAM / URETHANE FOAM / BUSA
Hasil pengolahan kimia berbentuk pori-pori dengan densitas dan kekenyalan yang berbeda-beda. Digunakan untuk lapisan springbed, kursi dan kasur. Harga murah dan banyak pilihan dari yang murah/cepat kempis sampai yang awet/bergaransi/kenyal.
CONJUGATED FOAM
Sejenis busa dengan bentuk tonjolan-tonjolan untuk mengurangi preassure point dan mengingkatkan kenyamanan.
MEMORY FOAM / VISCO ELASTIC FOAM
Semacam foam tapi ditambahkan zat tertentu sehingga mempunyai sifat khusus setelah ditekan kembali ke bentuk semula dengan kecepatan sangat lambat. Merupakan hasil penelitian nasa untuk mengurangi tekanan ketika astronot meluncur dari bumi.
PILLOW TOP
Lapisan tambahan diatas permukaan matrass springbed untuk menambah tingkat kenyamanan/comfort. Tersusun dari busa atau Dacron, atau latex.
FABRIC
Material kain.
PLUSH TOP
Mirip dengan pillow top tetapi relatif lebih tebal.
3 ZONE / 5 ZONE / 7 ZONE
Pembedaan/pembagian struktur/susunan per/kekerasan springbed untuk mensupport tubuh lebih sempurna.
TOPPER
Lapisan tambahan diatas kasur biasanya cukup tebal sekitar 3-5 cm dengan bahan latex atau fibre.
MATTRASS PROTECTOR
Lapisan pelindung diatas matrass supaya lebih hygenis , untuk mencegah noda tembus ke matrass.
SOFT, MEDIUM, FIRM
Tingkat kekerasan matrass, untuk memudahkan konsumen mendapatkan spring bed sesuai selera dan kondisi tubuh.
VENTILATOR
Lubang disamping springbed untuk memperlancar aliran udara di dalam springbed.
OSCAR
Sejenis kain yang meniru kulit, kelebihan mudah dibersihkan dengan kain basah, kekurangan bisa retak dan mudah sobek jika terkena benda tajam.
THICKNESS
Ketebalan matrass.
WASHABLE COVER
Cover springbed bisa dilepas dan dicuci untuk lebih hygenis atau anak yang masih ngompol.
KING / QUEEN / SINGLE / DOUBLE / No.1 / No.2 / No.3
Istilah ukuran standar matrass.

MENGAPA TIDUR ITU PENTING?

Tidur adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Seperti halnya makan yang benar dan berolahraga, kualitas tidur sangat mempengaruhi aktifitas Anda setiap harinya. Kualitas tidur juga mempengaruhi perasaan Anda, hubungan Anda dengan kerabat, produktivitas dan kualitas hidup Anda. Saat Anda tidur, otak Anda bekerja, mengkonsolidasikan pembelajaran hari itu dan revitalisasi tubuh.

KASUR MANA YANG BAGUS? Springbed? Latex? Busa? atau Kapuk?

Mana yang lebih enak?, Mana yang lebih baik?, Harganya yang murah?, Merek yang bagus? ,
Dan seterusnya itu pertanyaan-pertanyaan yang memusingkan saat mau membeli kasur.
Kasur/matras sebenarnya yang paling bagus untuk masing-masing orang itu sangat tergantung pada preferensi pribadi yang bersangkutan. Jadi, cocok untuk satu orang belum tentu cocok untuk orang lain.
KASUR SPRINGBED
Ini adalah kasur yang di dalamnya terdapat sejumlah per/pegas (spring). Jenis ini paling populer dan tipe ini juga cocok buat sebagian besar orang. Ada tipe full Springbed, ada juga Springbed yang dikombinasikan dengan busa ataupun lateks.
Tipe full Spring Bed tergolong yang paling keras daripada yang kombinasi lainnya sehingga memberikan support yang bagus terhadap punggung kita. Biasanya tipe ini paling dicari dan digemari orang-orang yang memiliki masalah dengan (tulang) punggung mereka, dan umumnya karena ada masalah punggung tersebut, tipe kasur ini direkomendasikan oleh dokter kepada pasiennya tersebut. Kasur ini kalau ditiduri, berhubung firm (alias keras) masih ada sirkulasi udara di antara punggung dengan permukaan kasur, sehingga dirasa tidak panas untuk ditiduri Untuk harganya, yang pasti lebih murah daripada kasur lateks ataupun tipe kombinasi springbed - lateks, tapi tentunya lebih mahal dari kasur busa atau kapuk.
Kombinasi Spring Bed - Lateks. Ini, the best of both world untuk orang-orang yang tidak bermasalah dengan punggungnya. Punggung dapat support yang bagus dari pegas-pegas di dalam kasurnya, sedangkan di lapisan yang paling atas dilapis bahan lateks yang bisa sempurna mengikuti kontur tubuh kita. Harganya lebih mahal daripada kasur full springbed tetapi lebih murah dari kasur full latex.

BAIKKAH JIKA ORANG TUA MEWARISKAN KASURNYA KEPADA ANAK?

Jika kasur tidak lagi nyaman untuk Anda, itu tidak cukup baik untuk orang lain - terutama anak Anda. Seiring pertumbuhan anak-anak, mereka membutuhkan tidur di kasur yang mendukung pertumbuhan tulang belakang mereka dan yang membuat mereka nyaman juga. Pastikan anak-anak Anda memiliki cukup ruang untuk bergerak dengan nyaman saat mereka tumbuh.

MERAWAT SPRING BED

Spring bed adalah tempat tidur yang paling banyak digunakan karena selain mempunyai per penahan yang dapat menjaga bentuk tulang punggung, busa springbed juga lebih awet digunakan jika dibandingkan dengan kasur busa biasa dan kapuk. Namun begitu, kita tetap harus merawatnya agar lebih awet digunakan.
Berikut ini adalah tips merawat springbed :
Umumnya, ujung springbed adalah bagian yang mudah kotor. Untuk membersihkannya, tegakkan springbed, kemudian semprotkan cairan pembersih dan luruhkan dari atas ke bawah pada bagian yang kotor tersebut. Usahakan dilakukan secara rutin. Hindari terlalu banyak memberi beban pada tepi springbed. Lebih baik di tengah.
Sebaiknya posisi kasur dibolak-balik setiap sebulan sekali. Yang semula di atas bisa diganti ke bawah. Usaha ini perlu dilakukan agar bebannya merata dan per kasur tidak mati.
Hindarkan dari udara lembab. Bila springbed terkena tumpahan air harus segara dikeringkan dengan cara dijemur. Tapi ingat, jangan jemur springbed langsung di bawah terik matahari.
Jangan menjemur springbed langsung di bawah terik matahari, tapi cukup diangin-anginkan saja. Lakukanlah 2 bulan sekali.
Jika tidak ada waktu untuk menjemur springbed secara rutin, maka agar tidak mudah kotor, sebaiknya kasur springbed digunakan di dalam kamar AC dan ditutup dengan bed cover.
Springbed juga perlu dibersihkan dengan mengunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu-debu halus dan tungau yang dapat mengganggu kesehatan.
Usahakan sebisa mungkin terhindar dari kebanjiran karena spingbed mudah rusak jika terkena air. Per menjadi berkarat dan busanya menjadi lengket.

PANDUAN MEMILIH MATTRASS

Dari berbagai study yang telah dilakukan, ternyata kasur/ matras yang terbaik bagi setiap individu tergantung dari selera masing-masing individu. Jenis kasur yang cocok bagi seseorang belum tentu cocok bagi orang lainnya. 
Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari berbagai jenis kasur.
KASUR SPRING BED / Kasur dengan per/ spring di dalamnya. 
Kasur spring bed adalah type yang paling popular di kalangan konsumen dan merupakan kasur yang cocok untuk sebagian besar orang. Kasur Spring Bed menggunakan kombinasi per dan busa.
Kelebihan:
+ Tersedia banyak pilihan model dan harga
+ Type yang paling tidak mahal
+ Model dengan kantong pada tiap per (pocket spring) sangat cocok untuk yang tidur berpasangan
+ Umumnya tidak perlu dibolak-balik selama pemakaiannya.
Kekurangan :
- Susah membandingkan mutu merek yang satu dengan merek lainnya
- Model yang murah menggunakan material yang bermutu rendah
- Lebih gampang menjadi cekung dan rusak dibandingkan type lainnya.
KASUR MEMORY FOAM
Memory foam terbuat dari busa Viscoelastis di atas polyurethane yang padat, yang awalnya diciptakan oleh para ilmuwan NASA untuk proyek luar angkasa. Material ini diciptakan untuk menahan tekanan yang luar biasa besarnya pada tubuh astronot saat masuk dan keluar dari atmosfer bumi.
Kelebihan :
+ Mendukung tubuh dengan sangat baik untuk sebagian orang
+ Mengikuti bentuk tubuh
+ Gerakan tidak mempengaruhi orang yang yang tidur disebelahnya
+ Lebih awet dibandingkan dengan kasur berisi spring di dalamnya.
+ Kutu tidak bisa bersarang di dalamnya sehingga tidak menimbulkan alergi.
Kekurangan :
- Aliran udara tidak bisa bergerak di dalamnya, sehingga menyimpan panas tubuh.
- Kemungkinan terlalu keras untuk sebagian orang
- Kasur yang baru biasanya berbau
- Kemungkinan tidak nyaman untuk orang yang gemuk.
KASUR BUSA LATEX
Busa latex terbuat dari karet alam yang bersifat elastis dan awet. Kasur latex bisa berupa 100% latex atau water-based latex (latex yang dicampur dengan air).
Keunggulan :
+ Mendukung tubuh sama baiknya dengan memory foam.
+ Kutu tidak bisa bersarang di dalamnya sehingga tidak menimbulkan alergi.
+ Latex adalah bahan alamiah yang bisa diperbaharui dan ramah lingkungan.
+ Aliran udara bisa bergerak di dalamnya sehingga tidak menyimpan panas.
+ Lebih awet dibandingkan kasur springbed.
+ Lebih membal dibandingkan memory foam.
Kekurangan :
- Kurang baik jika sering terkena air
- Tidak cocok untuk orang yang alergi terhadap latex
- Harganya relatif lebih mahal.

Bagikan artikel ini..!!
Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa service kami.Siap melayani anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa kami 14/7.
Hubungi Kami